Tags

Saya bukanlah seorang pembaca yang rutin meminjam buku di perpustakaan. Rasa-rasanya, terakhir kali saya meminjam buku di perpus adalah saat kuliah S2 di Belanda dulu, itupun kebanyakan buku-bukunya untuk keperluan tugas kuliah dan thesis. Pernah sih, saat baru kembali ke Jakarta, punya niat untuk menjadi anggota perpustakaan KEMDIKBUD. Tapi karena nggak serius, akhirnya belum jadi mendaftar juga sampai sekarang.

Bagaimana dengan rental buku? Waktu masih tinggal di Bandung dulu, saya pernah menjadi anggota beberapa rental buku, khususnya karena sedang tergila-gila dengan komik Jepang, dan rental buku adalah salah satu sumber terbaik karena selalu mempunyai koleksi yang cukup lengkap. Namun sejak tinggal di Jakarta, rasanya rental buku menjadi option terakhir. Selain belum menemukan tempat yang tepat dan dekat dengan rumah, rasa-rasanya beli buku jauh lebih mudah, bisa online atau tinggal ngesot sedikit ke Gramedia di mal sebelah rumah.

Tapi oh tapi, saat pertama mendengar tentang ReadingWalk, jadi penasaran juga. Rental buku online? Kok baru pernah denger sekarang ya. Servisnya tampak menarik, kita tinggal daftar jadi member, memilih salah satu paket yang ditawarkan, memutuskan mana buku yang ingin kita pinjam, lalu tunggu staff ReadingWalk mengantarkannya langsung ke alamat kita. Too good to be true-kah? Saya memutuskan untuk mencobanya langsung.

Saya memilih paket Super Bookworm, bisa meminjam buku apa saja selama 3 bulan dengan membayar IDR 170,000. Yang seru, koleksi buku-buku ReadingWalk ini ternyata lengkap juga. Ada fiksi-non fiksi, terjemahan-lokal-impor. Ada buku-buku lama yang sudah cukup susah dicari, ada juga buku-buku yang terbilang masih baru. Setelah memilih dua buku pertama, saya cukup menunggu satu hari saja, karena keesokan harinya staff ReadingWalk sudah mengantarkannya langsung ke alamat kantor. Wow!

Setelah melihat-lihat websitenya, saya juga baru tahu kalau ReadingWalk menerima sistem titip buku, jadi kita tinggal mendaftarkan buku yang ingin kita titipkan, dan mendapat share dari peminjaman buku. Lumayan kan untuk penghasilan tambahan? Daripada buku-buku kita tertimbun berdebu di kardus atau lemari =)

ReadingWalk diluncurkan tahun 2010 oleh sepasang sahabat bernama Ebi dan Yasmin yang sama-sama booklover. Karena selalu merasa kesulitan menemukan tempat rental buku yang bebas macet di Jakarta, mereka memutuskan untuk membuat sendiri online delivery book rental. Sesuai slogan mereka, “Just read. Leave the effort on us!”, ReadingWalk bertekad untuk memenuhi kebutuhan membaca pelanggannya dengan meminimalisir hambatan yang mungkin dihadapi (macet, buang waktu di jalan, bayar bensin/ongkos taksi, dll).

Dan terbukti, saya sekarang jadi ketagihan pinjam buku di sana =)

Advertisements