Tags

Yeaaay, setelah beberapa minggu absen, akhirnya bisa posting Character Thursday lagi! =) Thanks to Mbak Fanda yang masih setia meng-host meme ini..

Minggu ini, pilihan jatuh pada buku Shadow of The Wind (Carlos Ruiz Zafon), dan karena banyak banget karakter menarik di buku ini, sempet bingung juga mau pilih yang mana..Akhirnya aku memutuskan untuk mengangkat Fermin Romero de Torres sebagai Character Thursday kali ini.

Are they protagonist or antagonist?

Fermin adalah protagonis yang menjadi sidekick tokoh utama buku ini, Daniel.

Who are they? What was their role in the book?

Memiliki masa lalu kelam karena ditangkap saat menjadi mata-mata oleh pemerintahan diktator Spanyol, Fermin sempat hidup menggelandang di Barcelona setelah disiksa habis-habisan dan dipaksa mengungkapkan nama-nama pejuang oposisi pemerintahan diktator. Untunglah suatu hari Daniel Sempere, anak pemilik toko buku bekas di Barcelona, “memungut”nya untuk bekerja di toko buku tersebut. Dengan keahliannya dari masa lalu, Fermin menjadi aset berharga dalam mencari buku-buku langka pesanan para pelanggan toko, sekaligus akhirnya membantu Daniel memecahkan misteri masa lalu yang melibatkan seorang penulis misterius.

What was your strongest impression on the character(s)? You can quote the dialogue or narration you got the impression from.

Fermin adalah karakter yang menarik: masa lalunya membuat ia senantiasa merasa bersalah, sehingga ia ingin memperbaikinya dengan cara berbuat baik, termasuk membalas budi Daniel dan ayahnya. Fermin memiliki keahlian mata-mata yang luar biasa, dengan sense of humor yang membuat buku ini tidak pernah terasa membosankan. Kecerdikannya kerap kali meloloskan ia dan Daniel dari berbagai bahaya, meski kadang diselingi oleh kejadian konyol yang nyaris menjerumuskan mereka kembali ke dalam kesulitan. Fermin adalah contoh sempurna bahwa manusia senantiasa diberikan kesempatan kedua.

What are the strengths or weaknesses of your character(s)?

Strength: cerdik, berani, dan setia kawan. Tidak takut bahaya meski jiper setengah mati dengan musuh bebuyutannya, Inspektur Fumero yang mengerikan.

Weakness: trauma masa lalu masih sering dialami Fermin, kadang membuatnya berhalusinasi dan mengalami panic attack.

How do they develop throughout the book?

Dari gelandangan korban perang masa lalu, menjadi pahlawan tangguh yang membela Daniel dan ayahnya, Fermin mengalami perkembangan cukup pesat sepanjang buku ini.

What makes you love/hate them?

Yang pasti, kecerdikannya, akal bulus, kesetiakawanannya, semua membuat aku menyukai Fermin. Apalagi sense of humornya yang kocak banget, antara lain menyamar jadi pastor, juga kegemarannya makan Sugus, semuanya menjadikan karakternya begitu berwarna.

What lessons or influences you got from them?

Jangan menyia-nyiakan kesempatan kedua! Fermin membuktikan kalau ia masih layak dipercayai, terlepas dari kesalahannya di masa lalu yang membuat rekan seperjuangannya ditangkap akibat bocoran darinya saat disiksa penguasa. Fermin juga sangat percaya diri, biarpun tampangnya pas-pasan dan posturnya yang kerempeng, namun ternyata masih menarik di mata perempuan =D

Yang pantas memerankan Fermin seandainya buku ini dijadikan film, rasanya Adrian Brody cocok banget. Kerempeng, sedikit aneh, namun bisa tampil kocak. Sayang, menurut kabar yang beredar, di salah satu wawancaranya, Carlos berkata tidak akan pernah menjual copyright bukunya ini untuk difilmkan. Hiks! Tapi tapi, orang kan mungkin berubah ya? =)

Agak absurd gimana gitu ya, si Mr. Brody? Tapi keren =D