Tags

Yeay, setelah beberapa kali absen di Character Thrusday yang di host oleh Mba Fanda, sekarang akhirnya bisa ikutan lagi =)

Minggu ini, aku ingin membahas karakter dari novel American Wife (Curtis Sittenfeld) yang baru saja selesai dibaca beberapa saat lalu. Novelnya cukup kontroversial, berkisah tentang sosok seorang gadis dari keluarga kelas menengah yang akhirnya menikah dengan calon presiden Amerika – dan bahkan menjadi First Lady. Yang bikin heboh adalah, sosok Alice Blackwell (yang menjadi bahasan minggu ini) terinspirasi dari Laura Bush, istri mantan presiden Amerika George W. Bush. Saking banyaknya fakta kehidupan Laura yang dimasukkan dalam novel ini, pembaca sampai bingung, mana yang fiksi dan mana yang non-fiksi.

Are they protagonist or antagonist?

Alice Blackwell (dahulu Lindgren) adalah sosok protagonis dalam novel ini, yang mengambil sudut pandang orang pertama.

Who are they? What was their role in the book?

Alice adalah anak tunggal yang lahir di tengah keluarga kelas menengah di Wisconsin. Sejak kecil, hidupnya biasa-biasa saja. Alice adalah seorang good girl dengan nilai selalu bagus di sekolah, patuh pada orang tua, dan pergi ke gereja dengan rajin. Hingga suatu hari, sebuah insiden mengubah hidupnya, membuatnya ingin pergi dari kota kecil tempatnya tinggal, dan menempuh hidupnya sendiri. Jalan hidup membawanya pada Charlie Blackwell, anak keluarga terpandang yang ayahnya adalah mantan gubernur Wisconsin. Siapa sangka, hidup Alice berubah 180 derajat saat ia memutuskan menikah dengan Charlie, membawanya ke kancah politik hingga ke Gedung Putih.

What was your strongest impression on the character(s)? You can quote the dialogue or narration you got the impression from.

Alice adalah karakter yang menyenangkan, pribadinya kuat, dan meski akhirnya hidup bergelimang harta dan jabatan, Alice masih mendengarkan kata hatinya, dan berusaha keras agar kepribadiannya tak berubah. Cara Alice bertutur sangat jujur dan mengalir, membuatku ingin mengenalnya lebih dalam. Sayang, saat menjadi Ibu Negara, banyak kebijakan suaminya yang tidak disetujui Alice, namun keterbatasan membuat Alice tidak bisa mengungkapkan suara hatinya. Namun bagaimanapun, Alice tetap seorang individu yang ingin melepaskan diri dari embel-embel kepresidenan dan negara.

What are the strengths or weaknesses of your character(s)?

Strength-nya adalah kejujuran, kerendahan dan ketetapan hati. Membuat Alice menjadi pribadi yang menyenangkan, namun tetap humble dan mudah disukai.

Weakness-nya, di akhir-akhir cerita, Alice semakin kehilangan jati dirinya karena harus bergelut dengan dunia yang menganggapnya sosok milik publik. Semua yang ia katakan dan lakukan mencerminkan pemerintahan suaminya, sehingga ia seringkali melakukan justifikasi atas setiap tindakan yang ia lakukan (dan yang ia tidak lakukan). Pembenaran diri ini yang membuat sosok Alice di akhir buku menjadi lebih tidak menyenangkan.

How do they develop throughout the book?

Dari gadis kota kecil menjadi ibu negara, tentu perkembangan Alice sepanjang buku sangatlah kompleks. Anak baik-baik, trauma karena sebuah insiden, mencari jati diri sendiri, hingga bertemu keluarga Blackwell yang mengubah hidupnya. Menjadi orang kaya, dengan akses ke country club dan jamuan pesta bergengsi. Lalu masuk ke kancah politik, beserta segala intrik dan kebijakan suaminya yang tidak semuanya ia setujui, namun juga tidak dapat ia cegah. Alice terus bertransformasi, namun deep down inside, ia tetap seorang gadis dari Wisconsin.

What makes you love/hate them?

Keteguhan hatinya adalah hal yang sangat aku sukai dari Alice. Namun sayang, Alice juga hanya manusia biasa, yang kadang terpaksa mengingkari kata hatinya, melakukan justifikasi yang membuat kita sulit bersimpati padanya.

What lessons or influences you got from them?

Jangan pernah kehilangan jati diri, teruslah mencari, sesulit apapun itu, seekstrem apapun keadaan yang kita alami. Oiya, satu pelajaran lagi: jadi public figure itu nggak enak deh kayaknya, terutama istri presiden yang ke mana-mana harus didampingi secret service he he he!

Dalam film W. yang bercerita tentang sosok George W. Bush, Laura diperankan oleh Elizabeth Banks, yang menurutku cukup cocok menggambarkan ibu negara yang berasal dari kota kecil. Karena membicarakan Alice sama dengan membayangkan Laura, maka kurasa Elizabeth Banks cukup mewakili karakter ini.

Elizabeth Banks as Mrs.Laura Bush in “W”. Very different than Effie Trinket, yes?

Yuk, share Character Thursday mu =)

Advertisements