Tags

, , , , ,

Judul: Shakespeare’s Secret

Penulis: Elise Broach

Penerbit: Square Fish (2007)

Halaman: 258 p

Beli di: Better World Books (USD 4, bargain!)

Meski pujangga terkenal Shakespeare pernah berujar, Apalah arti sebuah nama? Tapi menurut Hero, anak perempuan berusia 12 tahun dalam buku ini, nama berarti segalanya. Terlebih karena ia dinamai menurut salah satu tokoh dalam karya Shakespeare, Much Ado About Nothing. Dan ironisnya, nama dari karya sastra tidak selamanya terdengar puitis, karena nama Hero malah sering dijadikan bulan-bulanan oleh teman-temannya.

Ayah Hero, seorang akademisi yang mendalami literatur klasik khususnya karya Shakespeare, tidak pernah mengerti dilema Hero tentang nama yang disandangnya.  Hidup keluarga mereka pun berada di seputar Shakespeare, dan sering berpindah-pindah mengikuti pekerjaan terbaru sang Ayah yang berhubungan erat dengan pujangga tersebut. Hero dan kakak perempuannya yang cantik, Beatrice (juga diambil dari nama tokoh di drama yang sama), sudah biasa untuk berusaha menyesuaikan diri di sekolah baru.

Kali ini, mereka menetap di daerah Maryland, tidak jauh dari Washington, DC, tempat Ayah mereka kini ekerja. Menjadi anak baru di kelas 6 tidaklah mudah, terutama kalau kau punya nama aneh seperti Hero. Untunglah, hidup Hero berubah menarik saat ia berkenalan dengan tetangga sebelah rumah, seorang wanita tua bernama Mrs. Roth. Dari Mrs. Roth pula Hero mengetahui sejarah rumah yang ditempati keluarganya saat ini.

Sebelumnya, rumah tersebut ditempati oleh keluarga Murphy, yang sempat mengalami tragedi yang juga mempengaruhi kondisi finansial mereka. Yang seru, keluarga Murphy sempat memiliki kalung sangat berharga, warisan yang diduga berasal dari jaman Raja Henry VIII. Dan di tengah tragedi yang dialami keluarga Murphy, kalung tersebut hilang secara misterius.  Hingga keluarga Murphy sudah meninggalkan rumah mereka untuk selamanya, polisi masih curiga bahwa kalung itu sebenarnya masih berada di dalam rumah.

Hero langsung menyelidiki keberadaan kalung misterius tersebut, dibantu oleh petunjuk-petunjuk tersembunyi dari Mrs. Roth. Yang juga aneh (tapi menyenangkan), Danny Cordova, salah satu anak terpopuler di SMP, malah ikut tertarik membantu Hero. Penyelidikan mereka membawa fakta mengejutkan, bukan saja tentang misteri kalung keluarga Murphy, tapi juga mengenai sejarah masa lampau kerajaan Inggris, jauh hingga ke jaman Henry VIII dan Anne Boleyn, serta hubungan mereka dengan Shakespeare dan identitasnya yang misterius.

Karena menyukai The Westing Game , Goodreads dan Amazon merekomendasikan aku agar membaca buku ini. Beruntung aku menemukan second hand-nya di BWBooks dengan harga cukup murah, dan yang lebih keren, ternyata buku ini malah ada tanda tangan penulisnya =) Collectible item nih! (Meski sempat berpikir aneh juga yah, kok buku yang ada tanda tangan penulisnya malah dijual lagi sama si pemilik…Padahal ada namanya segala).

Ada tanda tangannya lho =)

Shakespeare’s Secret merupakan kisah misteri penuh teka teki yang dibalut oleh beberapa fakta sejarah. Tidak secanggih Westing Games yang sangat puzzling dan penuh twist, tapi masih cukup menghibur. Yang paling menarik bagiku adalah kenyataan kalau identitas Shakespeare ternyata masih suka diragukan oleh berbagai kelompok. Banyak yang mencurigai karya sang pujangga bernama Shakespeare sebenarnya ditulis oleh Edward De Vere, yang hubungannya sangat dekat dengan keluarga kerajaan Inggris pada masa itu, dan karenanya terpaksa menyembunyikan identitas aslinya. Benar atau tidak, masih kerap diperdebatkan hingga sekarang.

Beberapa pemecahan masalah yang agak terlalu dipaksakan mengingatkanku kalau buku ini memang masuk ke dalam middle grade. Tapi karakter Hero untungnya cukup menyenangkan, dan kebetulan-kebetulan yang hadir di bagian akhir buku masih bisa dimaafkan. Yang pasti, baca historical fiction ala buku middle grade tentu harus dibawa santai, jangan terlalu serius seperti baca his-fic untuk dewasa =)