Tags

Jumpa lagi di hari Kamis bersama Character Thursday kita minggu ini…Robert Oliver dari The Swan Thieves (Elizabeth Kostova), project BBI baca bareng his-fic bulan Juli ini =) Thanks Mba Fanda, for hosting this meme!

Are they protagonist or antagonist?

Agak bingung menentukan ini, tapi kayanya lebih ke setengah antagonis deh =)

Who are they? What was their role in the book?

Robert adalah seorang seniman (pelukis) yang sangat berbakat, namun keseimbangan mentalnya sedikit terganggu, terbukti dari percobaannya merusakkan salah satu lukisan yang dipajang di National Gallery of Art di Washington, DC. Robert akhirnya ditangani oleh psikiater yang juga tokoh utama novel ini, Dr. Andrew Marlow. Ternyata Robert memiliki masa lalu dan pemikiran yang sangat kompleks, termasuk obsesinya terhadap salah satu pelukis Impressionist perempuan yang merupakan salah satu alasan kehancuran rumah tangganya, dan perilakunya yang ajaib yang menyebabkan ia berakhir di rumah sakit jiwa.

What was your strongest impression on the character(s)? You can quote the dialogue or narration you got the impression from.

Robert itu seniman yang sangat-sangat berbakat. Bakatnya diimbangi juga dengan kepribadiannya yang luar biasa: tubuhnya yang tinggi besar, suaranya yang dalam, dan gerak-geriknya yang selalu membuat perhatian orang langsung tertuju padanya. Salah satu tokoh di buku ini berkata kalau semua orang bisa langsung merasakan kehadiran Robert di suatu ruangan, menggambarkan betapa kuatnya impresi yang bisa ia berikan kepada orang-orang. Obsesi Robert terhadap seorang perempuan dari abad lalu juga digambarkan sangat jelas di buku ini, meski hebatnya Robert bertahan satu tahun lamanya tidak bicara dengan seorang pun selama dirawat oleh Dr. Marlow.Namun lukisan-lukisannya sudah cukup memperlihatkan kegilaan sekaligus kejeniusannya.

What are the strengths or weaknesses of your character(s)?

Strength-nya, tentu saja bakat melukisnya yang luar biasa. Robert diceritakan tidak mengkhususkan diri pada aliran tertentu, meski ia sangat suka aliran impresionisme Perancis, juga melukis landscape serta still life. Bakatnya diimbangi dengan kepribadian yang selalu membuat orang kagum padanya (terutama perempuan lah!)

Weaknesses-nya? Obsesi gilanya pada perempuan masa lalu itu agak mengerikan menurutku, apalagi sampai bikin ia lupa segalanya: keluarga, anak-anak, bahkan pekerjaannya sebagai dosen di sebuah universitas kecil. Robert begitu dikuasai oleh obsesinya, mungkin ini merupakan gambaran betapa rumitnya otak seorang artis jenius bekerja.

How do they develop throughout the book?

Selama dalam perawatan, Robert sama sekali tidak mau bicara dengan siapapun. Akhirnya, psikiaternya lah yang menggali lebih dalam masa lalunya, berusaha menemukan sumber kekacauan hidup Robert. Bisa dibilang, perkembangan karakter Robert malah kita dapatkan melalui cerita orang-orang terdekatnya yang ditelusuri oleh Dr. Marlow.

What makes you love/hate them?

Terus terang aku sebeeeeel banget sama si Robert. Bukan hanya super duper egois, tapi ia menggunakan alasan “seniman” nya itu untuk menjustifikasi semua kelakuan gila nya, termasuk menelantarkan istri dan anak-anaknya, membuat perempuan lain jatuh cinta padanya, bahkan melukis sosok perempuan masa lalunya dengan membabi buta.

What lessons or influences you got from them?

Seniman itu aneh! Hahaha, nggak juga sih, buktinya banyak pelukis yang baik-baik aja kok hidupnya. Tapi serius deh, pikir-pikir lagi yah kalau mau menghabiskan hidup sama pelukis jenius, hihihi

Oiya, kalau difilmkan, kayaknya aku kebayangnya si Robert Oliver ini pas diperankan oleh Gerard Butler deh. Bodynya yang gede, mukanya yang ganteng-ganteng aneh, dan suaranya yang dalem, cucok banget nih sebagai Mr. Oliver =)

yummy! =)

 

Advertisements