Tags

, , , , ,

Judul: Amy & Roger’s Epic Detour

Penulis: Morgan Matson

Penerbit: Simon & Schuster (2010)

Halaman: 343 p

Pinjam dari: @ndarow


Setelah merasa depresi membaca beberapa buku tegang berturut-turut, @ndarow menyelamatkanku dengan meminjami sebuah buku ringan-menyenangkan, Amy & Roger’s Epic Detour. Dari judulnya saja sudah mengingatkan dengan buku-buku lucu sejenis, Dash & Lily’s Book of Dares atau Nick & Noah’s Infinite Playlists =)

Amy Curry baru mengalami tragedi menyedihkan yang menyebabkannya kehilangan seorang ayah, sekaligus menimbulkan trauma mengemudikan mobil. Namun musim panas ini, Amy harus membawa mobil keluarganya melintasi benua Amerika Utara, dari California di bagian barat Amerika ke Connecticut di bagian ujung timur, tempat rumah barunya berada dan ibunya yang sudah menunggu di sana.

Karena Amy belum siap untuk mengemudi, apalagi jarak yang ditempuh juga sangat jauh, ibunya meminta bantuan Roger, anak salah seorang teman keluarga mereka, untuk mengemudikan mobil tersebut dan membawa Amy melintasi Amerika Serikat. Ibu Amy bahkan sudah menentukan jalur yang harus mereka tempuh, yang rencananya dapat diselesaikan dalam 4 malam: California – New Mexico – Oklahoma – Indiana -Ohio – Connecticut.

Namun, ternyata Roger pun memiliki masalahnya sendiri, mimpi masa lalu yang masih harus ia selesaikan.

Maka dimulailah petualangan road trip tak terlupakan bagi Amy dan Roger, apalagi saat mereka memutuskan untuk mengambil “detour” dan keluar dari jalur yang sudah direncanakan sebelumnya, sambil berusaha menyelesaikan masalah mereka masing-masing. Siapa sangka Amerika menawarkan begitu banyak tempat menyenangkan, fast food yang lezat dan khas di setiap daerah, dan bahkan orang-orang yang ditemui sambil lalu, namun ternyata memberikan pelajaran hidup dan kenangan yang tak terlupakan.

Amy & Roger’s Epic Detour adalah kisah perjalanan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang masih menggantung. Amy dan Roger bukan saja menempuh perjalanan melintasi benua Amerika, namun perjalanan menemukan dan menuntaskan hantu masa lalu mereka, sambil secara tak sengaja, mengenal satu sama lain dengan cara-cara tak terduga.

This is a very fun and light reading, with lots of traveling tips and cute knick-knacks, inculding nice playlists, cool pictures and memorabilia, since Amy tried to write about the journey in her journal. Yang juga menyenangkan, road trip ini terasa begitu nyata karena sang penulis menempuh sendiri perjalanan ini, sambil mengumpulkan pernak-pernik yang dirangkumnya di dalam buku.

Ceritanya sendiri very-very predictable, tapi untungnya ditulis dengan ringan dan mengalir. Karakternya pun masih sangat relate dengan pembaca: Amy yang dipenuhi kesedihan dan rasa bersalah, membuka diri perlahan-lahan, serta Roger yang terobsesi dengan masa lalunya, dan untungnya digambarkan tidak terlalu sempurna. Cara mereka saling mengenal pun tidak terlalu terasa instan seperti kebanyakan novel YA sekarang. Tahapannya masih termasuk masuk akal, ditambah dengan perbedaan yang pelan-pelan justru menjadi kunci kebersamaan mereka (Hint: Playlist Roger yang penuh lagu-lagu dari band keren dan gaul, sementara Amy terlalu malu untuk memutar playlistnya yang penuh lagu-lagu musikal kegemarannya yang tidak bisa dibilang cool).

Sementara itu, setting buku tentu saja tertolong dengan landscape Amerika Serikat yang super interesting, dan fakta-fakta menarik seputar tiap negara bagian. Serasa ada di sana waktu Amy & Roger terdampar di The Loneliest Road in America, atau mencicipi burger crumbly ala Kansas, atau mampir di Graceland kampung halamannya Elvis…Aku malah baru tahu kalau banyak restoran fast food yang hanya ada di negara bagian tertentu. Pantesan waktu ke sana tahun lalu, dan sempat mencicipi Burger In & Out yang super yummy di LA, dicari ke tempat lain nggak pernah nemu. Ternyata memang cuman ada di California =)

Anyway, be prepare to have a sudden craving for doing road trip (especially in the US hahaha) after you read this book!

epic detour: california-nevada-utah-colorado-kansas-missouri-kentucky-north carolina-west virginia-pennsylvania-connecticut!!!