Tags

, , , ,

Judul: Getting the Girl

Penulis: Markus Zusak

Penerbit: Push (2004)

Halaman: 250 p

Pinjam dari: @ndarow

Sebelum Book Thief yang fenomenal, Markus Zusak telah menulis beberapa buku bagus yang berada di bawah radar “best seller”. Salah satunya adalah Getting the Girl, bercerita tentang kakak beradik yang sangat berbeda satu sama lain: Cameron Wolfe yang pendiam, lebih sebagai pengamat daripada pembicara, serta selalu bingung bagaimana berhubungan dengan perempuan. Sebaliknya, Ruben, sang abang, berkepribadian luwes, seorang sanguine sejati yang selalu mudah mendapatkan perhatian perempuan, meski sayangnya mudah pula mencampakkan perempuan tersebut.

Things are going great between Cameron and Ruben, until there is a girl who captured both of their hearts. Perempuan tersebut, Octavia, untungnya digambarkan cukup menyenangkan, sehingga tidak membuat kita benci padanya sebagai “the girl in the middle”. Cerita pun lebih dipusatkan pada hubungan rumit antara Cam dan Ruben (benci, tapi cinta), dan bagaimana Cam berusaha menemukan dirinya sendiri di balik bayang-bayang sang kakak.

Kalau bukan karena Zusak, mungkin buku ini akan menjadi kisah cinta segitiga biasa yang sedikit cheesy. Untunglah Zusak berhasil menyulapnya menjadi buku yang penuh kata-kata indah, dengan tokoh yang lovable dan sudut pandang cowok yang menarik. Tak lupa, sisipan karakter lain dalam keluarga Wolfe juga lebih menetralisir situasi antara Cam dan Ruben. Yang cukup unik, di akhir tiap bab terdapat sekelumit tulisan Cam, yang sedikit demi sedikit mengeluarkan dirinya, berusaha untuk jujur dan menerima dirinya apa adanya. Bagian inilah yang paling mengingatkanku bahwa buku ini memang ditulis oleh the great Markus Zusak.

If there was an expert amongst these pages, they’d say that I just want to belong somewhere. But the truth is, I’m not sure I want to belong. Not like everyone else. That’s what scares me. (p. 57)

Sometimes when read this kind of book, I wish I had read it 10 years ago =) *ngaku umur*

Markus Zusak berasal dari Australia, dan sebagian buku-bukunya, termasuk Getting the Girl, ber-setting di Sydney. Getting the Girl adalah sekuel dari Fighting Ruben Wolfe, yang memperkenalkan keluarga Wolfe untuk pertama kalinya.