Tags

Back with Character Thursday! =)

Kali ini, mau ngulik karakter di buku Freedom-nya Jonathan Franzen (yang reviewnya masih akan menyusul, haha, biasa deh). Banyak banget karakter menarik di buku yang bercerita tentang potret keluarga dysfunctional ala Amerika ini (yang udah nonton American Beauty, nahh…sejenis gitu deh ceritanya. Getir, gelap, ngegemesin, jungkir balik nggak jelas, tapi bikin ketagihan!). Tapi aku bakal milih salah satu karakter yang paling nyebelin aja deh: Patty Berglund.

Sekilas tentang bukunya: Freedom bercerita tentang sebuah keluarga tipikal Amerika: ayah yang terlalu permisif terhadap anak dan istrinya, istri yang selalu menganggap dirinya korban, dan anak-anak yang merasa lebih dewasa dibanding orang tuanya. Yang menarik adalah, Franzen mengulik masalah keluarga ini menjadi cerita yang super-packed, a crazy roller coaster ride.Mulai dari menelusuri masa lalu mereka sampai menelaah masing-masing karakter dengan detail.

Khusus untuk Patty Berglund, sang ibu rumah tangga yang adalah mantan atlet basket di waktu muda, Franzen menggambarkannya dengan begitu bland, begitu gamblang, sehingga mau tak mau, meski membenci Patty sepenuh hati di hampir sepanjang buku (self centered biyotch!), ada saat-saat di mana Patty mengingatkanku akan diri sendiri: the need  for approval, the need to be empathized, and the desperate, desperate need to be loved. Patty memilih pria yang mencintainya, dibandingkan dengan pria yang dicintainya (bad news nya, kedua pria tersebut adalah sahabat karib!). Mengutip kata-katanya dalam buku: And here they are, the great guy I’m married to, and the cool guy I let go.

Doesn’t it remind you of the foolish choice we all made?

Perjalanan Patty dari tokoh yang menyebalkan, menjadi lebih menyebalkan lagi, sampai akhirnya terasa sangat relate dengan pembaca, dan bisa mengundang simpati, adalah hasil kejeniusan Jonathan Franzen, yang baru menulis novel lagi setelah 10 tahun vakum. Kabarnya, Freedom sudah dibeli hak adaptasi film nya oleh produser Scott Rudin. Siapa yang cocok memerankan Patty ya?

Charlize Theron , meski unggul secara atletis, tapi masih terlalu cantik sebagai Patty. Mungkin Uma Thurman, dengan kecantikannya yang awkward dan gaya desperatenya, bisa menjadi pilihan.

Patty Berglund, probably?

Anyway, let’s share your Character Thursday!

 

Syarat Mengikuti :

1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…