Tags

Untuk Character Thursday kali ini, aku ingin mengangkat tokoh Caitlin dari buku Mockingbird yang baru selesai kubaca kemarin ini. Caitlin adalah gadis cilik 10 tahun yang memiliki Asperger’s syndrome.

Asperger adalah salah satu gejala autisme di mana para penderitanya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, sehingga kurang begitu diterima. Sindrom ini ditemukan oleh Hans Asperger pada tahun 1944. Sindrom Asperger dibedakan dengan gejala autisme lainnya dilihat dari kemampuan linguistik dan kognitif para penderitanya yang relatif tidak mengalami penurunan, bahkan dengan IQ yang relatif tinggi atau rata-rata (ini berarti sebagian besar penderita sindrom Asperger bisa hidup secara mandiri, tidak seperti autisme lainnya). Sindrom Asperger juga bukanlah sebuah penyakit mental. (Wikipedia)

Kisah ini bergulir sedih karena Caitlin, yang tadinya tinggal bertiga dengan Ayah dan kakak laki-lakinya sepeninggal ibu mereka, kini harus berusaha mengatasi kehilangan terbesar dalam hidupnya. Kakak laki-lakinya, Devon, menjadi korban penembakan di sekolahnya. Dalam buku ini, kita diajak masuk ke dalam pikiran Caitlin, kesulitannya mengenali emosi, kegundahannya melihat ayahnya yang terus menerus dirundung kesedihan, dan keinginannya untuk memiliki teman, meski berkomunikasi adalah satu hal yang paling sulit ia kuasai.

Aku suka buku seperti ini yang bisa membuat kita berempati terhadap kehidupan orang lain yang tidak terbayangkan sebelumnya. Dan ternyata, beberapa hari yang lalu adalah World Autism Awareness Day. Jadi memang sedikit pas dengan momen membaca buku ini, meski tentu Asperger berbeda dengan Autism, tapi justru melalui buku-buku seperti inilah kita jadi aware dengan perbedaannya.

Wait for the review ya!

Now share your Character Thursday =)

Syarat Mengikuti :
1. Follow blog Fanda Classiclit sebagai host, bisa lewat Google Friend Connect (GFC) atau sign up via e-mail (ada di sidebar paling kanan). Dengan follow blog ini, kalian akan selalu tahu setiap kali blog ini mengadakan Character Thursday Blog Hop.
2. Letakkan button Character Thursday Blog Hop di posting kalian atau di sidebar blog, supaya follower kalian juga bisa menemukan blog hop ini. Kodenya bisa diambil di kotak di button.
3. Buat posting dengan menyertakan copy-paste “Character Thursday” dan “Syarat Mengikuti” ke dalam postingmu.
3. Isikan link (URL) posting kalian ke Linky di bawah ini. Cantumkan nama dengan format: Nama blogger @ nama blog, misalnya: Fanda @ Fanda Classiclit.
4. Jangan lupa kunjungi blog-blog peserta lain, dan temukan tokoh-tokoh pilihan mereka. Dengan begini, wawasan kita akan bertambah juga dengan buku-buku baru yang menarik…
Advertisements