Tags

, , , , ,

Judul: The Doll People

Penulis: Ann M Martin, Laura Godwin, Brian Selznick (Ilustrasi)

Penerbit: Hyperion Book CH (2003)

Halaman: 288 p

Beli di: Betterworldbooks.com (USD 7.48)


Buku yang menyenangkan banget, cerita ringan tentang keluarga boneka porselen, keluarga Doll, yang berasal dari Inggris dan bermukim di Amerika sejak 100 tahun lalu, dimiliki oleh sebuah keluarga secara turun temurun. Keluarga ini terdiri dari Papa dan Mama Doll, Uncle Doll, Nanny, dan ketiga anak keluarga Doll: Annabelle, Bobby dan Baby Betsy.

Sebenarnya, dulu ada satu anggota keluarga lagi, Auntie Sarah, namun 45 tahun yang lalu, Auntie Sarah menghilang dengan misterius. Kejadian ini sepertinya diterima begitu saja oleh anggota keluarga yang lain, kecuali Annabelle, yang terus mempertanyakan ke mana Auntie Sarah pergi, dan mengapa tidak ada seorangpun anggota keluarga mereka yang ingin mencarinya?

Rasa penasaran Annabelle semakin terpicu ketika dia tidak sengaja menemukan jurnal Auntie Sarah. Ia bertekad untuk menemukan tantenya yang ternyata memang suka bertualang itu. Terlebih lagi, ketika keluarga Doll memperoleh tetangga baru, keluarga Funcraft yang 100% berbeda dengan mereka! Keluarga Funcraft yang asli buatan pabrik Amerika sangat ceria, sedikit ribut, gemar berpetualang dan tidak terlalu berhati-hati seperti keluarga Doll yang asli Inggris. Padahal, kalau para boneka ini kedapatan bergerak atau berpindah tempat dan membuat manusia curiga, mereka bisa dihukum cukup berat, yaitu berada dalam Doll State yang artinya tidak bisa bergerak sama sekali.

Petualangan Annabelle dengan Tiffany, anak perempuan keluarga Funcraft, sangat seru untuk diikuti, apalagi dengan adanya “ancaman” seperti The Captain, kucing keluarga Palmer yang suka muncul tiba-tiba, juga Nora, anak perempuan bungsu keluarga Palmer yang selalu berantakan dan memiliki mainan-mainan aneh.

Yang membuatku suka dengan buku ini, selain ceritanya yang sederhana namun mengena (hargai perbedaan, baik kebudayaan maupun sifat tiap orang yang memang berlainan), adalah ilustrasinya yang dibuat oleh si jenius Brian Selznick yang baru menghebohkan lewat Hugo Cabret nya. Ilustrasinya begitu detail dan halus, rumah boneka dengan perabotannya yang kecil-kecil, si Captain yang terlihat begitu bengis, bahkan di bagian awal dan akhir buku, Selznick menggambarkan brosur pemesanan boneka Doll dan Funcraft dengan begitu sempurna, sampai detail terkecil dan harga-harga mereka. Membuatku jadi pengen main boneka lagi deh! =)

 

marvelous illustrations!

Anyway, The Doll People adalah buku pertama dari serial yang sudah terdiri dari 3 buah buku. Buku ini juga merupakan pengalaman pertamaku belanja di Better World Books, toko buku online yang memiliki misi mulia, karena untuk setiap buku yang kita beli, berrarti kita sudah menyumbangkan satu buah buku ke salah satu charity yang ada. Dan meski buku second, ternyata kondisinya masih sangat bagus! Very recommended (with free shipping, too!)

 

Advertisements