Tags

, , , , , ,

Judul: Misteri di Styles

Penulis: Agatha Christie

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2007)

Halaman:268 p

Beli di: lupa, ini re-read soalnya =)

The Mysterious Affair at Styles, atau judul versi terjemahannya : Misteri di Styles, adalah novel Agatha Christie yang diterbitkan pertama kali. Dalam novel ini juga Christie memperkenalkan sosok Hercule Poirot, detektif Belgia andalannya, beserta partner setianya, Hastings.

Setelah dipulangkan dari perang sebagai “invalid”, Hastings diundang oleh teman lamanya, John Cavendish, untuk menghabiskan masa cuti di rumah tua keluarga Cavendish yang terletak di desa Styles St Mary, Essex. Hastings pun menerima ajakan tersebut, dan berkenalan dengan karakter unik penghuni Styles Court.

Ada ibu tiri John (ayahnya sudah lama meninggal), Mrs. Inglethorp  yang kini sudah menikah kembali dengan daun muda yang sepertinya seorang bajingan, Alfred Inglethorp. Lalu ada istri John, Mary Cavendish yang misterius, adik John, Lawrence yang emosional, anak angkat Mrs. Inglethorp, Cynthia Murdock yang cantik, serta pengurus rumah sekaligus teman Mrs. Inglethorp yang setia, Evelyn Howard.

Keadaan yang menarik akibat konflik antar anggota rumah tangga, tiba-tiba memuncak ketika terjadi tragedi menyedihkan: Mrs. Inglethorp meninggal karena diracuni! Tentu saja yang dicurigai pertama kali adalah Alfred Inglethorp, yang mendapat keuntungan langsung dari kematian tersebut. Namun apakah memang benar kasusnya semudah itu?

Untungnya, Hastings bertemu dengan teman lamanya, seorang mantan polisi Belgia yang kini sudah pensiun dan menjadi detektif. Hercule Poirot, sosok lucu berkepala bulat telur dengan kumis melintang dan gaya bicara ke-Perancis-Perancis-an, membuat debut “sel-sel kelabu” nya yang terkenal lewat buku ini. Poirot yang sedang mengungsi di Essex diminta bantuannya untuk membantu memecahkan kasus tersebut. Pertemuan dengan Inspektur Japp juga mengawali kerja sama Poirot dan Hastings dengan Scotland Yard.

Misteri di Styles termasuk kisah yang cukup sederhana bila dibandingkan dengan kasus-kasus Poirot selanjutnya. Beberapa penyelesaian memiliki faktor kebetulan terlalu besar, dan ketegangan yang tercipta juga levelnya tidak seberapa tinggi. Namun, unsur kejutan di bagian akhir masih tetap membuat pembaca terpukau. Cara kerja Poirot yang unik dan misterius, ditambah kepolosan Hastings yang naif, seolah hendak menjadi “pemanasan” untuk buku-buku selanjutnya.

Styles sendiri termasuk tempat yang cukup bersejarah, karena nantinya ke tempat inilah Poirot dan Hastings akan kembali untuk menuntaskan kasus terakhir di buku pamungkas Poirot, Curtain (Tirai).

Yang juga lucu adalah membaca blurb yang terdapat di cover buku edisi pertama:

This novel was originally written as the result of a bet, that the author, who had previously never written a book, could not compose a detective novel in which the reader would not be able to “spot” the murderer, although having access to the same clues as the detective. The author has certainly won her bet, and in addition to a most ingenious plot of the best detective type she has introduced a new type of detective in the shape of a Belgian. This novel has had the unique distinction for a first book of being accepted by the Times as a serial for its weekly edition.

Tanpa buku ini, mungkin tidak akan pernah ada Poirot =) Dan aku nggak akan pernah kenal dengan one of my most favorite authors ever, Dame Agatha Christie.

 

MYSTERY GIVEAWAY!

Saking banyaknya novel Agatha Christie yang aku koleksi, kadang tidak sadar kalau sudah ada dua novel yang sama persis. Dan salah satunya terjadi pada buku Misteri di Styles. Buku yang masih disegel rencananya akan kuhibahkan pada yang berminat. So, if you’re interested, please drop a comment below! Jangan lupa juga untuk memberi rekomendasi judul novel misteri (nggak harus Agatha Christie) yang menurutmu layak aku baca beserta alasannya. Oiya, aku juga akan menambah satu novel bonus (masih segel juga), Detektif Imai dan Kasus Ruangan Separuh Retak.

Komentar ditunggu sampai tanggal 10 Maret 2012. Satu orang pemenang akan dipilih (based on your answer) dan diumumkan lewat blog ini tanggal 12 Maret 2012. Goodluck!