Tags

, , , , ,

Judul: Theodore Boone – The Abduction

Penulis: John Grisham

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2011)

Halaman:350 p

Gift from #SecretSanta

Buku ini istimewa buatku bukan karena isinya, tetapi karena “sejarah” perjalanannya hingga tiba di rumahku. Bulan Desember lalu, BBI alias Blogger Buku Indonesia mempunyai program unik bernama Secret Santa. Sistemnya seperti cross kado, nama-nama yang ada diundi, dan setiap orang menjadi Secret Santa untuk satu orang lainnya. Yang pasti, hadiahnya adalah buku, sesuai dengan “candu” setiap anggota BBI.

Setelah mendapat nama, yang seru tentu saja mencari-cari di wishlist orang bersangkutan, sambil juga terus memperbaharui wishlist milik sendiri (berharap dan berusaha, harus sejalan donk!). Dan puncak kegembiraan adalah saat sebuah paket tanpa nama tiba di rumah masing-masing, beberapa dilengkapi dengan hadiah tambahan seperti pembatas buku atau gantungan kunci, atau coretan unik di bukunya.

Paketku sendiri tiba di saat yang tepat, setelah pulang kemalaman karena macet dan hujan. Sebuah paket yang dibungkus kertas koran teronggok dengan manisnya di meja. Ternyata paket dari si Secret Santa! Langsung buru-buru kubuka, dan..voila! Theodore Boone 2 yang ada di wishlistku, kini berada dalam genggaman. Dan pengirimnya, @OceMei alias Rose Mary yang membubuhkan coretan manis di halaman depan buku. Thanks dear! Rasanya macet-macetan sepulang kantor jadi nggak kerasa lagi, serius lho!

Sesuai kesepakatan, buku dari Secret Santa akan direview dan tayang berbarengan (bukti nyata kalau si buku tidak hanya menjadi timbunan belaka, hahaha). Dan setelah pengantar posting yang super panjang ini, marilah kita mulai mereview =)

Setelah sukses dengan sepak terjang Theodore Boone si pengacara cilik, John Grisham akhirnya menulis buku lanjutannya (yang memang berpotensi jadi serial menarik). Kali ini, Theo dihadapkan pada kasus yang lebih personal karena menimpa sahabatnya sendiri, April, yang tiba-tiba lenyap dari rumahnya pada suatu malam.

Theo, dibantu beberapa teman sekolahnya, bertekad untuk menemukan April. Mereka membentuk tim pencari, mengikuti petunjuk demi petunjuk, termasuk fakta keanehan keluarga April sendiri: ibunya yang seorang hippie, ayahnya yang melanglang buana dengan grup band gagalnya, dan yang paling mengerikan, seorang sepupu jauh yang ternyata buronan polisi dan dikabarkan terlihat di sekitar tempat tinggal April.

Dibantu oleh kontak-kontak Theo di dunia hukum, penyelidikan mereka berubah menjadi petualangan seru. Memang kisah di buku kedua ini tidak terlalu kental suasana pengadilan, tidak seperti di buku pertama. Buku ini justru lebih terasa seperti buku misteri remaja, namun dengan kepiawaian Grisham, justru enak untuk dinikmati. Sayang ada sedikit kesalahan  (yang kecil, namun cukup mengganggu aku yang tergila-gila menganalisis). Di satu bagian misalnya, diceritakan bahwa Theo beserta teman-temannya, Chase, Aaron dan Woody, menonton polisi yang sedang mengevakuasi mayat di sungai (p.72). Namun, di p.91, Chase bertanya pada Theo, “Dengar-dengar kalian ada di sungai waktu polisi menemukan mayat”. Nah lho, sedikit ngantuk ya, Pak Grisham? =D

Tapi overall, petualangan Theo tetap seru untuk disimak. Dan mudah-mudahan masih ada terus kelanjutannya, dengan lebih banyak adegan pengadilan yang mencekam!

Ps: and looking forward to BBI next SecretSanta event as well! =)


Advertisements