Tags

, , , , ,

Judul: Size 12 Is Not Fat

Penulis: Meg Cabot

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2011)

Halaman:413p

Swapped with Maya

Heather Wells adalah mantan penyanyi idola remaja yang kariernya terpuruk karena idealismenya untuk mencoba menyanyikan lagu-lagu ciptaannya sendiri. Kesialannya belum selesai sampai disana. Ibunya membawa kabur uang tabungannya, dan pacarnya, anggota boyband terkenal, berselingkuh dengan penyanyi idola baru.

Lengkap sudah penderitaan Heather. Mungkin kalau itu dialami orang lain, orangnya sudah bersiap untuk bunuh diri. Tapi Heather nyatanya bisa bangkit kembali, bekerja di gedung tinggal (semacam asrama) untuk mahasiswa New York College. Sedikit keberuntungan hinggap di hidupnya saat Cooper, kakak dari mantan pacarnya, menawarkan Heather untuk menempati lantai atas rumahnya.

Namun, belum lagi Heather bisa bernafas lega di tempat kerjanya yang baru, timbul insiden kematian beberapa gadis yang tinggal di asrama tersebut. Meski kepolisian menetapkan kejadian itu sebagai “kecelakaan”, Heather tidak puas karena ada beberapa hal yang menurutnya sangat mencurigakan.

Disinilah cerita dimulai, bagaimana Heather yang adalah gadis biasa-biasa saja tanpa latar belakang detektif, mulai menyelidiki kejadian-kejadian tersebut, tentu diselingi beragam cerita konyol, apalagi Cooper yang adalah seorang detektif sungguhan, tidak benar-benar berniat membantu Heather.

Meg Cabot memang paling pintar meramu cerita kocak dengan tokoh utama perempuan biasa sehari-hari yang tidak jauh dari pembaca. Mungkin sedikit mirip dengan Sophie Kinsella, namun dengan kisah yang lebih meng-Amerika. Aku sendiri sebenarnya cukup senang dengan genre cozy mystery seperti ini, kalau sedang jenuh membaca buku thriller yang terlalu berat. Meski kadang tidak masuk akal bagaimana gadis yang biasa-biasa saja mendadak menjadi pintar, atau meski cerita mudah ditebak sejak pertengahan buku, namun cerita-cerita semacam ini selalu menghibur, terutama karena latar belakang kisah yang biasanya mudah relate dengan pembaca. Sayang, beberapa humor yang terlalu Amerika gagal dieksekusi oleh penerjemah di sini. Mungkin karena joke-joke itu memang tidak mungkin diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia =)

Oh ya, lanjutan serial ini, Size 14 is Not Fat Either, juga sudah diterbitkan oleh Gramedia.

Cozy Mystery: subgenre of crime fiction in which sex and violence are downplayed or treated humorously, and the crime and detection take place in a small, socially intimate community.The detectives in such stories are nearly always amateurs and frequently women. They are typically well-educated, intuitive, and often hold jobs (caterer, innkeeper, librarian, teacher, dog trainer, shop owner, reporter) that bring them into constant contact with other residents of their town and the surrounding region. (Source: wikipedia.org)

Advertisements