Tags

, , , , ,

Judul: The Ghost

Penulis: Robert Harris

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2008)

Halaman:318 p

Beli di: Gramedia Merdeka Bandung (IDR 15k, bargain price!)

Menulis buku fiksi thriller atau misteri mungkin adalah salah satu pekerjaan paling sulit di dunia. Bayangkan rumitnya meramu plot yang sulit ditebak tapi masih believable, menciptakan karakter yang kuat tapi tidak flawless, dan membuat klimaks yang jenius, tapi tetap bisa dimengerti oleh pembaca. Phew!

Kebanyakan thriller biasanya mengandung salah satu dari unsur di atas, tapi melupakan unsur lainnya. Ada yang enak dinikmati tapi terlalu mudah ditebak, ada yang sulit ditebak tapi akhirnya jadi terlalu absurd, ada juga yang karakternya terlalu super hero, sampai membuat pembaca malas mengikuti jalan ceritanya.

Dan syukurlah, aku menemukan harta karun ini saat menyambangi Gramedia Bandung beberapa saat lalu, harga murah, dan ternyata ceritanya sangat menyegarkan. Selain mengangkat tema yang selama ini kurang mendapat perhatian (ghostwriting? apa itu?), buku ini berhasil memenuhi semua unsur di atas dengan mulus, tanpa harus menjadi pretensius atau berlebihan. Tak heran Robert Harris masih merupakan salah satu nama besar di dunia fiksi hingga sekarang.

Cerita dimulai saat tokoh utama buku ini (yang berprofesi sebagai penulis bayangan dan namanya tidak disebut-sebut hingga akhir cerita), diminta untuk membantu menulis buku autobiografi seorang mantan perdana menteri Inggris, Adam Lang. Buku ini sangat krusial bagi karier Lang, karena saat ini namanya sedang ramai dibicarakan akibat tuntutan melakukan kejahatan perang yang menimpanya, yang menyeretnya ke hadapan Mahkamah Internasional.Sarana apa lagi yang paling cocok untuk membela diri selain buku biografi?

Tokoh utama kita, yang berprofesi sebagai penulis bayangan (atau “hantu” alias “the ghost“), akhirnya setuju diboyong ke vila terpencil tempat Lang bersembunyi di Martha Vineyard (yang ternyata sangat spooky di musim dingin!) untuk menyelesaikan tugas ini. Namun kejadian demi kejadian membawanya ke dalam situasi mencekam: penulis sebelumnya yang memulai proyek ini ternyata meninggal dunia secara misterius, banyak fakta masa lalu yang ternyata tidak sesuai dengan apa yang dikisahkan Adam Lang, munculnya berbagai tokoh mencurigakan, termasuk istri Lang, Ruth yang tidak bisa ditebak, dan musuh bebuyutan Lang dari masa lalu yang mengajukan tuntutan kejahatan perang. Belum lagi sikap pemerintah Amerika yang seperti ada udang di balik batu.

Robert Harris mampu menyajikan thriller politik yang penuh kejutan dan konspirasi dengan alur cerita yang simpel. Tak lupa, endingnya pun luar biasa orisinil, membuat imajinasi kita melayang-layang sambil membayangkan apa yang terjadi dengan si tokoh utama =)

Two thumbs up for this original thriller, and can’t wait to read more of Harris’ books!

Interesting facts:

* Dari buku ini, aku baru ngeh kalau Indonesia ternyata termasuk salah satu dari sedikit negara yang tidak mengakui yurisdiksi Mahkamah Internasional.

* Menurut beberapa review, termasuk artikel di Guardian, tokoh Adam Lang ditulis berdasarkan karakter Tony Blair, mantan Perdana Menteri Inggris yang juga merupakan teman Robert Harris. Apakah ini benar atau tidak, pembaca hanya bisa berspekulasi karena tidak ada komentar resmi dari Harris =)

* Profesi ghostwriter ternyata adalah profesi yang umum (at least di belahan dunia barat), tidak hanya untuk autobiografi (mantan presiden AS Ronald Reagan dan John F Kennedy adalah beberapa nama yang menggunakan ghostwriter untuk buku autobiografi mereka), tetapi juga di dunia fiksi! Tercatat Tom Clancy pernah menggunakan jasa penulis bayangan dalam beberapa bukunya untuk menjaga produktivitas serialnya. Bahkan John Grisham pun pernah digosipkan menggunakan ghostwriter di beberapa bukunya yang terakhir.

* Buku The Ghost ini sudah diangkat ke layar lebar di tahun 2010 dengan judul The Ghost Writer. Ewan McGregor kebagian peran si penulis bayangan, sementara Pierce Brosnan adalah si kharismatik Adam Lang. Must watch movie nih sepertinya! =)