Tags

, ,

Kegiatan blogging sebenarnya bukan hal yang baru buat saya. Blog saya yang pertama di “luncur” kan pertama kali bulan Juni 2003. Tampilannya polos, dan belum ada fasilitas-fasilitas menarik dari Blogger. Bahkan untuk memposting gambar pun kita harus membuka site seperti geocities dulu, mensave gambar disana, baru mengambilnya untuk di blog. Rumit!

Namun dunia blogging semakin berkembang, dan semakin banyak fitur dan fasilitas unik yang ditawarkan. Saya sendiri bukan termasuk orang yang rajin mengupdate blog saya itu, tapi at least masih berusaha memaintainnya minimal sebulan sekali sampai saat ini. Sekadar meninggalkan jejak yang bisa ditelusuri kembali oleh anak-cucu nantinya =D

Setelah bertahun-tahun berkecimpung di dunia blogging, termasuk menandai blog-blog yang layak untuk dikunjungi, saya akhirnya berpapasan dengan para book blogger. Saya sudah lupa bagaimana awalnya, tapi ada beberapa blog buku yang selalu saya sambangi, seperti Reygreena dan Qyu. Menarik sekali membaca review tentang buku-buku di blog mereka.

Begitu pula saat beberapa waktu setelahnya, saya pun menemukan dunia yang lebih luas lagi, yaitu para blogger buku di luar negeri. Ada yang di Amerika Serikat, Inggris atau Kanada, ternyata mereka memiliki komunitas yang sangat kuat dan profesional. Review mereka selalu enak untuk dibaca, bahkan seringkali mereka mereview buku yang belum diterbitkan di pasaran. Wow!

Dan kerasa banget sebenarnya pengaruh blog-blog itu bagi pembaca buku seperti saya. Misalnya saja, saya dikenalkan pada serial The Chaos Trilogy yang akhirnya jadi salah satu favorit, karena membaca review di blog ini. Sementara buku Jellicoe Road yang luar biasa berkesan juga saya baca setelah kesengsem dengan review di sini. Para book blogger inilah yang akhirnya menginspirasi saya untuk membuat blog sendiri tentang buku. Book is one of my biggest passions, and I finally combine it with my other passion: writing.

Awalnya membuat blog buku ini adalah semacam iseng-iseng aja. Untuk share tentang buku-buku yang baru saya baca, dan sebagai virtual library saya di masa mendatang. Punya arsip digital semacam ini sangat membantu, apalagi di era internet seperti sekarang.

Siapa sangka yang awalnya iseng, saya malah menemukan hal-hal baru yang menyenangkan. Berkat blog buku ini, saya merasakan senangnya ketemu orang-orang baru yang punya passion yang sama dengan saya. Berkat blog ini juga saya merasakan asyiknya menerima “buntelan”, atau buku gratis dari penerbit. Dan pengalaman paling berharga adalah menjadi bagian dari komunitas Blogger Buku Indonesia, sekumpulan blogger dengan visi dan misi yang sama, passion yang sama, mimpi yang sama. Saat ini blogging bukan hanya kegiatan iseng-iseng lagi buat saya, tapi sudah jadi bagian hidup.

Selamat Hari Blogger Nasional! =)

posting ini dibuat dalam rangka memperingati hari blogger nasional 2011, sekaligus sebagai postingan bersama BBI dan berpartisipasi dalam #BerkatNgeblog. Keep on blogging!