Tags

, , , , ,

Judul: Treasure Island

Penulis: Robert Louis Stevenson

Penerbit: Atria (2011)

Halaman:352 p

Gift from Atria =)

Jauh sebelum Johnny Depp mempopulerkan sosok bajak laut slengean (tapi super cool!) bernama Jack Sparrow, Robert Louis Stevenson pernah menulis buku petualangan klasik tentang perburuan harta karun dan kehidupan bajak laut. Cerita sederhana ini dikemas dengan seru, penuh adrenalin dan kejadian-kejadian yang kocak tapi sekaligus mendebarkan. Tak heran Treasure Island menjelma menjadi salah satu kisah klasik anak-anak yang paling sering diterjemahkan dan diterbitkan ulang.

Kisahnya sebenarnya simpel, tentang seorang anak laki-laki bernama Jim Hawkins yang bekerja sebagai penjaga penginapan milik ayahnya, Admiral Benbow. Kehidupannya berubah saat seorang lelaki tua misterius menjadi tamu penginapan tersebut. Selain suka menyanyikan lagu ajaib “Lima belas orang di dalam peti mati – Yo-ho-ho, dan sebotol rum!” , pria tersebut juga sering dikunjungi oleh beberapa orang yang bertampang mencurigakan.

Ketika pria itu meninggal di penginapan, ternyata ia meninggalkan peta harta karun. Bersama-sama dengan hakim, dokter, dan mantan kapten kapal, beserta orang-orang yang dipekerjakan sebagai awak kapal, Jim memulai petualangannya di laut untuk menuju Pulau Harta Karun. Selain angin badai dan pulau tak berpenghuni yang misterius, Jim menghadapi masalah besar saat terjadi pemberontakan yang tak disangka-sangka dari awak kapal. Di sana ia diuji untuk mengambil sikap, siapa yang hendak ia ikuti, dan berpegang pada prinsipnya, sekalipun nyawanya yang menjadi taruhan.

Kehidupan bajak laut yang keras, karakter yang memorable (terutama sosok antagonis manipulatif yang legendaris bernama Long John Silver!) dan bumbu-bumbu kejutan yang segar, membuat buku ini terasa cukup menyenangkan. Meski terdapat beberapa kejanggalan terjemahan di sana-sini, terutama dalam hal yang menyangkut istilah perkapalan, tetapi secara keseluruhan kisah dalam buku ini masih bisa dinikmati.