Tags

, , , , ,

Judul: The Janissary Tree

Penulis: Jason Goodwin

Penerbit: Serambi (2008)

Halaman:479 p

Swapped with Ferina

Novel ini mengambil setting Istanbul, Turki, di akhir tahun 1800-an. Masyarakat Istanbul dikejutkan dengan pembunuhan yang menimpa empat orang prajurit Garda Baru, yang merupakan pasukan pengamanan Turki di masa itu. Pembunuhan dilakukan dengan sadis. Pemimpin Garda Baru akhirnya meminta tolong Yashim, seorang kasim yang merupakan salah satu orang yang paling diandalkan di istana sultan.

Yashim punya askes untuk keluar masuk ke semua tempat, termasuk ke dalam harem sultan yang sebenarnya terlarang bagi kaum laki-laki. Karenanya, ketika horor di Istanbul berlanjut dengan dibunuhnya salah seorang selir sultan, Yashim jugalah yang ditunjuk untuk menyelidiki kasus tersebut.

Penyelidikan Yashim membawanya ke sejarah pasukan Yenicheri, pasukan penjaga Turki di masa lampau yang terkenal brutal dan penuh kekerasan. Apakah memang pasukan ini ingin bangkit kembali? Lalu, siapa dalang yang menyebabkan terjadinya pembunuhan demi pembunuhan itu? Yashim terpaksa mengorek-ngorek masa lalu, sambil tersandung beberapa intrik politik, rencana kudeta, dan tokoh-tokoh penting seperti duta besar Rusia dan istrinya yang cantik.

Buku ini sebenarnya cukup menarik, dengan latar belakang sejarah Turki yang memang selalu bikin penasaran. Membayangkan kota Istanbul di tengah-tengah perubahan besar yang terjadi di negara tersebut adalah satu hal yang menjadikan buku ini lebih hidup. Sayangnya, misteri pembunuhannya sendiri kurang greget, dan tokoh-tokoh di dalamnya, selain Yashim dan sahabatnya si duta besar Polandia, kurang diekspos dengan menarik. Begitu pula kisah sejarah yang terkesan diceritakan sepotong-sepotong. Mungkin maksudnya agar cerita lebih terasa misterius, tapi akhirnya malah kurang nyambung satu sama lainnya.

Kalau ada satu hal yang sukses dilakukan buku ini terhadap pembacanya, itu adalah niat untuk melihat kota Istanbul yang digambarkan begitu menarik dan mempesona =) Oya, dan tentunya merasakan mandi Turki yang terkenal itu!

Advertisements