Tags

, , , ,

Judul:Emmy and The Incredible Shrinking Rat

Penulis: Lynne Jonell

Penerbit: Atria (2010)

Halaman:341 p

Bought at: Pesta Buku Jakarta 2010 (IDR 39,900)

Emmy Addison adalah seorang anak perempuan yang manis. Super manis malah, sampai-sampai tidak ada teman sekelas maupun guru yang mengingatnya atau menganggapnya ada saking membosankannya dia. Satu-satunya teman Emmy adalah tikus peliharaan kelasnya, yang anehnya bisa berbicara dan hanya dimengerti oleh Emmy.

Kehidupan Emmy sebelumnya sebenarnya menyenangkan. Bersama ayah-ibunya, Emmy tinggal di atas toko buku yang dikelola oleh keluarganya. Ia sangat menikmati saat-saat mereka membaca buku atau mengobrol bersama. Tetapi semuanya berubah saat kakek canggah Emmy yang tidak dikenal, William Addison, mewariskan kekayaannya pada keluarga Emmy, termasuk rumah mewah di tepi Danau Greyson. Akhirnya mereka pindah ke rumah tersebut, dan segalanya langsung berubah.

Kini Emmy memiliki seorang pengasuh yang keji dan gerak-geriknya mencurigakan, Miss Barmy. Miss Barmy memaksanya untuk mengikuti berbagai les tambahan serta mencekokinya dengan vitamin yang aneh-aneh. Sementara itu, ayah dan ibu Emmy jadi sangat jarang berada di rumah, bepergian ke mana-mana dan seakan lupa punya anak perempuan bernama Emmy.

Awalnya Emmy tidak berdaya dan menuruti segala yang dikatakan Miss Barmy, namun pertemanannya dengan si Tikus mengubah segalanya. Apalagi ketika Emmy tahu kalau si Tikus bisa menciutkan orang lewat gigitannya. Ia yakin keistimewaan si Tikus, meskipun diimbangi oleh kelakuannya yang suka menyebalkan, bisa membantunya mencari jalan keluar. Emmy juga memperoleh bantuan dari beberapa teman barunya: Joe teman sekelasnya, serta Brian, pengurus Tikus Antik, galeri yang menyimpan banyak hewan pengerat istimewa di dalamnya.

Meski dihalangi oleh Cheswick Vole, pemilik Tikus Antik yang culas, serta Miss Barmy yang memiliki rencana-rencana kejam, Emmy tidak putus asa untuk mengatasi masalahnya, terutama mengembalikan kedua orangtuanya hingga bisa menyayanginya lagi seperti dulu. Namun, Emmy dan teman-temannya dikejutkan oleh kejahatan Miss Barmy yang ternyata lebih mengerikan dari yang mereka bayangkan, dan mereka harus berpacu dengan kelicikan Miss Barmy sebelum semuanya terlambat.

Buku ini sangat menghibur. Mungkin semua dongeng atau cerita anak yang memiliki tokoh binatang memang selalu menyenangkan, layaknya film-film Disney yang sangat familiar. Jalan cerita yang asyik untuk diikuti (meski sangat predictable, tapi masih ada unsur-unsur kejutan yang muncul sesekali), karakter binatang-binatang pengerat yang lucu, dan terjemahan yang enak dibaca, merupakan ramuan jagoan Atria yang kembali menuai hasil yang memuaskan.