Tags

, , , ,

Judul:The Historian (Sang Sejarawan)

Penulis: Elizabeth Kostova

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2007)

Halaman:768 p

Bought at: Gramedia Grand Indonesia (IDR 120k, disc 30%)

Buku ini bercerita tentang sebuah legenda yang sangat tua, sangat gelap, dan sangat mengerikan. Cerita dimulai saat seorang gadis muda (yang namanya tidak disebut-sebut sampai buku berakhir) menemukan sepucuk surat tua di perpustakaan ayahnya di rumah mereka di Amsterdam. Dari sanalah, bertahun-tahun yang lalu, kisah ini berawal.

Saat menjadi seorang mahasiswa jurusan sejarah, Paul, ayah gadis tersebut, menemukan sebuah buku tua dengan gambar cukilan kayu naga di halaman bagian tengah, dengan tulisan Drakulya di ekornya. Ketika berkonsultasi dengan pembimbing desertasinya, Profesor Rossi, Paul dihadapkan dengan fakta yang mengejutkan. Ternyata buku yang sama persis juga dimiliki oleh profesornya, yang menemukannya saat ia masih muda. Belum hilang rasa kaget Paul, profesor yang disayanginya itu malah menghilang tanpa jejak, sehari setelah pembicaraan terakhir mereka mengenai buku itu.

Bertekad untuk menemukan Profesor Rossi, Paul pun mulai melakukan penelitian, dimulai dari surat-surat yang dititipkan Profesor Rossi padanya. Ternyata, buku misterius itu pernah membawa Profesor Rossi berkelana keliling dunia untuk menelusuri legenda menakutkan tentang Vlad Dracula, penguasa Wallachia di abad pertengahan yang terkenal kejam dan gemar menyiksa. Perjalanan itulah yang mengilhami Paul untuk mencari kuburan Dracula, menemukan Profesor Rossi, sekaligus membuktikan legenda yang ada selama ini: bahwa Dracula belum mati, dan masih hidup abadi.

Maka berpetualanglah Paul ke Istanbul yang eksotis, Budapest yang bernuansa komunis, dan Sofia yang dingin dan kaku, ditemani oleh seorang perempuan bernama Helen – yang mengaku sebagai anak sang profesor. Di sepanjang perjalanan tersebut, mereka bertemu dengan banyak orang yang memiliki interest yang sama. Sebagian sangat membantu, dan sebagian lagi justru menghalangi. Ada pula ancaman dari makhluk misterius yang haus darah. Sedikit demi sedikit, misteri Drakula mulai terkuak, diiringi penelitian dari berbagai pusat arsip dan perpustakaan. Sementara itu, masa lalu Rossi juga terungkap.

Kembali ke gadis di awal cerita. Terpesona dengan kisah ayahnya, gadis itu pun mulai masuk ke dalam penelitian yang sama. Terlebih saat ayahnya pun menghilang tanpa kabar yang jelas. Kisah masa lalu seakan terulang kembali. Peran sejarawan kini diambil alih olehnya.

Untuk ukuran buku setebal 700-an halaman yang bertutur tentang sejarah, The Historian sama sekali tidak membosankan. Pilihan kata yang digunakan benar-benar indah, bisa melukiskan berbagai lokasi di Eropa dengan sempurna. Alur ceritanya, meskipun lambat, namun memiliki ketegangan yang semakin meningkat, terutama saat kita sebagai pembaca menunggu-nunggu kemunculan Dracula. Bagaimanakan Kostova menggambarkan sosok Dracula yang sudah begitu banyak diangkat ke dalam berbagai cerita? Yang pasti, legenda vampir di sini terasa sangat believable, membuktikan kepiawaian sang penulis dalam meramu kisah fiksi yang bercampur dengan fakta sejarah. Keluarga Cullen, silakan minggir! =)