Tags

, , , , ,

Judul:Sign of The Cross

Penulis: Chris Kuzneski

Penerbit:Serambi (2007)

Halaman:648 p

Free book from Serambi! =)

Cerita dimulai dengan terjadinya penyaliban seorang pastor di Denmark. Kejadian menghebohkan ini diusut oleh Nick Dial,Kepala Bagian Pembunuhan Interpol. Sementara itu di negara lain, dua orang arkeolog, Dr. Charles Boyd dan asistennya yang cantik, Maria Pelati, menemukan katakomba kuno yang menyimpan rahasia yang telah disimpan ribuan tahun. Rahasia ini begitu vital bagi nasib agama Kristen di muka bumi, sehingga mereka segera menjadi buronan yang paling diinginkan di seluruh dunia.

Mulai dari orang suruhan Vatikan, sampai dua orang agen “freelance” CIA yang direkrut secara paksa, Payne dan Jones, memburu Dr. Boyd dan Maria hingga ke berbagai negara. Semua pihak memiliki kepentingan masing-masing, termasuk ayah Maria sendiri yang termasuk bagian dari komunitas tinggi Vatikan.

Semenjak gaung Da Vinci Code, rasanya sangat banyak buku yang bermain-main di genre misteri keagamaan, terutama mengutak-atik rahasia hidup Kristus yang penuh dengan hal-hal misterius. Dari mulai spekulasi Yesus yang memiliki istri dan keturunan, hingga kematiannya yang dipalsukan, semua begitu seru untuk diulik dan dibuatkan alur yang thrilling. Rahasia untuk menikmati buku jenis ini adalah tidak memasukkan segalanya ke dalam hati. Batasan antara fiksi dan kenyataan bisa menjadi sangat tipis, dan salah-salah malah menggoyahkan iman, atau malah menyulut kemarahan.

Menurutku pribadi,  Chris Kuzneski termasuk salah satu penulis yang masih bisa dimaafkan. Bahasanya yang mengalir santai dan sense of humor nya yang tinggi merupakan hiburan tersendiri yang menjadikan buku ini sedikit berbeda dibandingkan buku lain yang sejenis. Mengejek Mel Gibson dan menyinggung Dan Brown mungkin bukan merupakan langkah paling cerdas, tapi yang jelas cukup menghibur. Percakapan antara dua sahabat Payne dan Jones yang terkadang garing pun masih bisa dinikmati. Overall, buku yang menyenangkan, terutama kalau kita menetapkan prinsip “No hard feeling” sebelum membacanya.