Tags

, , ,

Judul:Untuk Indonesia Yang Kuat

Penulis: Ligwina Hananto

Penerbit:Literati Books (2011)

Halaman:238 p

Beli di: The Book-Launching (IDR 72,000)

Ligwina Hananto adalah sosok yang berhasil membuat topik financial planning menjadi topik yang “ramah” bagi semua orang, bahkan orang yang “buta finansial” seperti aku =) Tipsnya di Radio Hard Rock FM selalu menarik, dan semboyannya “Finance should be practical” bukan kebohongan semata.

Maka ketika Wina menelurkan buku tentang financial planning, aku langsung bersemangat, dan bahkan akhirnya ikut hadir di acara launching buku yang kerap disebut dengan kode #THEBOOK di Twitter.

Dalam buku ini, Wina menjelaskan dengan gamblang mengenai seluk-beluk rencana keuangan pribadi dan keluarga, terutama yang berhubungan dengan komponen penting, seperti dana pensiun, dana pendidikan dan dana darurat. Contoh hitung-hitungannya sederhana dan mudah dimengerti. Begitu pula bab tentang mengapa berinvestasi itu penting, yang dilengkapi dengan penjelasan mengenai  instrumen investasi, seperti reksadana dan pasar modal.

Pada akhirnya, Wina ingin mengajak kita semua menjadi bagian dari Golongan Menengah (middle class) Indonesia yang kuat. Karena bila golongan menengah kuat, otomatis negara kita pun akan menjadi kuat secara ekonomi. Terlebih lagi, kita bisa membantu banyak orang yang termasuk dalam golongan ekonomi “lemah”.

Di penghujung buku, Wina membuat 100 poin yang tergabung dalam checklist berjudul “100 Langkah Untuk Tidak Miskin”. Dimulai dari yang paling sederhana, seperti “Memiliki penghasilan”, dan “Pergi ke ATM hanya 1 kali seminggu”, sampai yang bikin megap-megap seperti “Memiliki dana darurat sampai 6 kali pengeluaran sebulan”, serta “Membeli rumah pertama”. Hiks..rasanya masih jauuuuhhhhh banget deh sampai bisa mengisi semua checklist itu. Tapi memang setelah membaca buku ini, semangat jadi timbul kembali. Sepertinya, dengan bahasa sehari-hari yang ramah, Wina berhasil membuktikan kalau semua orang bisa kok, memperbaiki kondisi keuangannya, dan tidak mustahil bila suatu hari nanti kita mencapai tujuan yang diinginkan semua orang: financial freedom!

Visi Wina yang ingin menjadikan ekonomi Indonesia lebih kuat melalui golongan menengah juga patut diacungi jempol. Sekarang semuanya tergantung diri kita masing-masing, apakah mau terus berkubang dalam kekayaan semu (alias menggesek kartu kredit sana-sini demi makan enak dan beli kopi setiap hari), atau menghadapi kenyataan dan mulai bangkit dari sekarang.