Tags

, , ,

Judul:Theodore Boone, Pengacara Cilik

Penulis: John Grisham

Penerbit:Gramedia Pustaka Utama (2010)

Halaman:272 p

Beli di:Gramedia Central Park (IDR 42,000)

John Grisham adalah seorang penulis jaminan best seller. Tapi, bukan berarti semua karyanya adalah jaminan mutu. Semakin ke sini, semakin banyak bukunya yang dikecam oleh para pembaca, fans maupun bukan fans. Banyak yang menyebutnya sebagai “penulis kejar setoran”, bahkan berhembus pula rumor yang mengatakan bahwa kini Grisham dibantu oleh para penulis bayangan.

Beberapa tahun ke belakang, meski sangat produktif, buku Grisham yang mengingatkan kita pada buku-buku “kojo” nya jaman dulu, bisa dihitung dengan jari. Karenanya, ketika Theodore Boone terbit, serasa ada angin segar berhembus. Setidaknya, di buku ini Grisham sedikit bermain-main di zona yang lain, karena buku ini memang ditargetkan untuk anak-anak.

Theodore Boone adalah seorang anak berusia 13 tahun, namun ia bukanlah anak biasa. Lahir di tengah keluarga pengacara, Theo sudah sangat tertarik dengan dunia hukum sejak masih kecil. Pengetahuannya yang luas tentang dunia hukum, ditambah pergaulannya dengan tokoh-tokoh di gedung pengadilan kotanya, membuatnya disegani bahkan oleh guru mata pelajaran Pemerintahan di sekolahnya.

Tidak ada yang lebih diidam-idamkan oleh Theo selain menonton langsung persidangan kasus besar, dan impiannya itu menjadi kenyataan saat sebuah kasus pembunuhan yang heboh disidangkan di pengadilan kotanya. Belum hilang semangatnya, ternyata Theo pun terpaksa terlibat dalam kasus tersebut, saat salah seorang temannya membawa informasi yang tidak diketahui seorang pun tentang tersangka pembunuhan yang sedang diadili.

Untuk ukuran seorang Grisham, tentu buku ini terlihat seperti “mainan”. Tapi sebenarnya, dibandingkan dengan buku-buku lain yang diterbitkan dalam jangka waktu berdekatan baru-baru ini, Theodore Boone bisa dibilang lebih memiliki “greget” yang sudah cukup lama dinantikan oleh fans maestro cerita hukum ini. Grisham mampu menyajikan cerita sederhana yang mudah diikuti oleh anak-anak, sekaligus memperkenalkan sistem hukum Amerika, termasuk juri, hakim, hukum pidana, saksi kejutan di pengadilan, dan banyak lagi. Quite a fresh air for Grisham’s fans!

Advertisements