Tags

, , ,

Judul: The Tourist (Turis)

Penulis: Olen Steinhauer

Penerbit:Gramedia Pustaka Utama (2010)

Halaman: 470 p

Beli di: BukaBuku.com (Rp 65,000, diskon 20%)

Ini adalah salah satu buku yang rumit (dirumitkan dengan sengaja, tepatnya), hiperbola, sedikit pretensius, tapi toh mengasyikkan dan seru untuk dibaca. Tipe-tipe film Hollywood yang penuh adegan kejar-kejaran cepat, action, dialog berat nan misterius, dan even sampai akhir pun kita sebagai penonton (atau pembaca, dalam kasus ini), tidak diizinkan untuk mengerti 100% jalan ceritanya.

Toh, membaca buku ini memang seperti nonton popcorn movie. Nggak bisa berhenti, meski kita tahu kita sedang diarahkan penulis untuk mencapai opini-opini politik tertentu. Anyway, selama kita menikmati buku ini dengan ringan dan tanpa tujuan apapun, ternyata jadinya menyenangkan juga.

Milo Weaver adalah seorang agen CIA yang dulu berprofesi sebagai “Turis”. Turis di sini tentu bukan sembarang pelancong atau wisatawan. Turis CIA adalah mata-mata kelas kakap, dengan tugas dan identitas rahasia yang selalu berubah-ubah, melanglang buana mengelilingi dunia sesuai perintah atasan yang sama misteriusnya.

Namun suatu tragedi memaksa Milo untuk pensiun dari dunia Turis, dan kembali ke pekerjaan di balik meja, lengkap dengan keluarga kecil nan bahagia, seorang istri yang cantik dan anak perempuan yang lucu. Itu adalah hidup yang sempurna sebenarnya, kalau saja Milo tidak dibayang-bayangi oleh masa lalunya. Berawal dari tertangkapnya seorang pembunuh bayaran yang sudah bertahun-tahun ia kejar, disusul oleh rentetan peristiwa aneh dan mengerikan: sahabat lamanya dituduh sebagai pengkhianat, tokoh-tokoh terbunuh satu demi satu, dan bahkan Milo pada akhirnya harus melarikan diri dari kejaran berbagai pihak yang menginginkannya (tepatnya, menginginkan nyawanya).

Dan dimulailah serangkaian adegan kejar-kejaran, tipu-menipu, intrik-intrik tingkat tinggi, dan setiap peristiwa membawa kita ke pertanyaan besar : siapa sebenarnya dalang utama kejadian ini?

Selamat datang di Hollywood dalam bentuk buku. Nikmati saja perjalanannya tanpa ekspektasi apapun. Oya, kalau penasaran, ternyata hak film buku ini sudah dibeli oleh salah satu studio besar, dan kabarnya, George Clooney sudah dinego untuk memerankan Milo. Hmm..lumayan ketebak kan? =)

Advertisements