Tags

, , ,

Judul: The Naked Traveler 2

Pengarang: Trinity

Penerbit: B-First PT Bentang Pustaka (2010)

Halaman: 348 p

Beli di: Gramedia Plaza Semanggi (Rp 58000)

Trinity mungkin termasuk salah satu sosok paling fenomenal, di dunia blog dan juga traveling di Indonesia. Pasalnya, karena blognya, The Naked Traveler, yang bercerita tentang petualangannya ber-backpacking ria keliling dunia, orang jadi ngeh, kalau traveling itu bukanlah mutlak untuk orang kaya saja. Masih banyak cara untuk bisa melihat dunia tanpa harus punya uang sebanyak Paman Gober. Trinity juga jadi bisa membuka mata para cewek, kalau backpacking itu bukan mutlak untuk laki-laki saja. Perempuan juga bisa berpetualang bermodalkan ransel dan uang seadanya.

Itulah yang dituangkan Trinity dalam blognya yang kini sudah punya banyak penggemar, yang biasa disebut NTers. Blog ini kemudian dituangkan dalam bentuk buku, The Naked Traveler, beberapa tahun yang lalu. Isinya sebagian besar merupakan petualangan Trinity yang memang seru, kocak, dan terkadang absurd. Ada juga beberapa tip traveling ala Trinity, yang nggak kalah seru, tapi bisa dipraktekkan kalau kamu memang berniat untuk mencoba ber-backpacking ria.

Karena buku pertamanya laku keras (apalagi sempat dibredel segala karena ada tulisan yang dianggap terlalu kontroverisal…whatttt???hari gini???) dan blognya semakin banyak pengikut, maka diterbitkanlah buku kedua. Isinya masih diangkat dari blog The Naked Traveler, tapi kali ini lebih dipilah-pilih berdasarkan topik tertentu. Dan karena pengalaman Trinity semakin banyak ke negara-negara aneh seperti Republik Palau, Turki, atau Dubai, jadi semakin seru aja cerita-ceritanya, meski ada beberapa joke yang sedikit garing =p Tapi overall, masih bisa dinikmati.

Yang agak disayangkan mungkin, untuk pembaca setia blognya, cerita-cerita yang dibagi dalam 8 bab ini sudah sangat familiar dan tidak ada yang terlalu baru. Seperti juga buku lain yang diangkat dari blog, yang dijual memang nilai koleksinya. Kita jadi bisa mengoleksi cerita Trinity tanpa harus masuk ke dalam blognya. Mungkin akan seru juga kalau untuk buku ketiga dan seterusnya (yang memang rencananya akan diterbitkan juga), diangkat beberapa cerita yang memang khusus ditulis untuk buku, atau ada bab khusus yang agak panjang berisi hal-hal yang sama sekali baru dan tidak ada di blognya.

Anyway, seperti biasa, setelah membaca tulisan-tulisan Trinity, hasrat jalan-jalan jadi tak tertahankan! Hehehe, ini efek samping yang harusnya ditulis sebagai warning di cover depan buku ini! =)


Advertisements