Tags

, , ,

Judul: The Sweetness at The Bottom of The Pie

Pengarang: Alan Bradley

Penerbit: Bantam Books Mass Market Edition (2009)

Halaman: 373 p

Beli di: Peri Plus Setiabudhi Bandung (Rp 95000, diskon 10%)

Flavia de Luce, seorang anak perempuan sebelas tahun yang tinggal di daerah pedesaan Bishop’s Lacey di Inggris, memiliki semua yang diinginkan oleh pembaca dari novel detektif yang mengasyikkan. Karakternya mewakili detektif yang penuh rasa ingin tahu, pintar, kadang sok tahu tetapi lucu, memiliki kemampuan analisis tajam, suka menyelinap ke sana-sini, dan seorang ahli kimia yang hebat.

Hidup terasa biasa-biasa saja buat Flavia, yang tinggal di sebuah rumah besar bernama Buckshaw bersama ayahnya yang pensiunan kolonel, kedua kakak perempuannya, Ophelia dan Daphne, yang selalu saja punya rencana-rencana jahat untuk Flavia, Mrs. Mullet si tukang masak, dan Dogger, yang dulu pernah berjuang bersama ayahnya di ketentaraan dan kini membantu sebagai tukang kebun (dan teman terbaik Flavia di rumah itu!). Ibu Flavia, Harriet, sudah meninggal dalam sebuah kecelakaan di gunung.

Suatu hari, rumah yang tenang tersebut dikejutkan oleh kejadian demi kejadian yang menghebohkan. Dimulai dari seekor burung mati yang ditemukan di depan pintu dapur, lengkap dengan sepucuk perangko di paruhnya. Disusul dengan ditemukannya sesosok mayat misterius di halaman rumah. Flavia langsung menjelma menjadi detektif andal, dan kita mau tidak mau mengikuti penyelidikannya dengan penuh rasa ingin tahu di sepanjang novel. Deduksi Flavia yang tidak kalah dari Sherlock Holmes, pengetahuannya tentang ilmu kimia yang mengesankan, dan perseteruannya dengan Inspektur Hewitt yang menangani kasus ini, semua disajikan dengan menarik, penuh humor, dan secara tidak sadar kita sudah jatuh cinta pada gadis kecil ini.

Dengan setting pedesaan Inggris tahun 50-an, Alan Bradley berhasil menghadirkan atmosfer yang akurat (meskipun dia bukan berasal dari negara Inggris), dengan misteri yang berlatar belakang perangko serta para filatelis. Seru, tidak heran Amazon menempatkannya sebagai salah satu novel terbaik tahun 2009. Yang lebih menyenangkan, Flavia de Luce akan kembali muncul dalam beberapa sekuel serial ini, termasuk The Weed That Strings The Hangman’s Bag yang akan terbit tahun 2010 ini. Can’t hardly wait!