Tags

, ,

sisters grimm 1Judul: The Sisters Grimm: Petualangan Detektif Dongeng

Pengarang: Michael Buckley

Penerbit: Qanita-Mizan, 2007

Halaman: 317 p

Beli di: Jakarta Book Fair 2009 (Rp 25000, harga diskon)

Buku ini sebenernya udah lama banget aku incer, tapi entah kenapa nggak diterbitkan lagi cetakan barunya, jadi kehabisan di mana-mana. Sampai akhirnya pas bulan Juli kemarin jalan ke Jakarta Book Fair di Istora Senayan, ketemu stand Mizan yang lagi menjual murah buku-buku koleksi lamanya, termasuk si Sisters Grimm ini.

Ceritanya tentang kakak beradik Sabrina dan Daphne Grimm, setelah kedua orangtua mereka hilang secara misterius. Mereka berpindah-pindah dari satu keluarga angkat aneh ke keluarga angkat yang lebih aneh lagi, sampai akhirnya nenek mereka – Nenek Relda, bersedia menampung mereka…Padahal dia dikabarkan sudah lama meninggal dunia!

Yang lebih mengherankan lagi adalah pekerjaan Nenek Relda dan rahasia keluarga yang dibaginya untuk Sabrina dan Daphne. Ternyata mereka adalah keturunan Grimm Brothers, pengarang dongeng yang terkenal di seantero dunia. Dan hebohnya, tokoh-tokoh dongeng ciptaan Grimm Bersaudara tadi bukan rekaan semata, melainkan hidup di dunia nyata, yaitu di sekitar tempat tinggal Nenek Relda. Nenek Relda sendiri adalah seorang Detektif Dongeng, profesi yang sedikit demi sedikit diturunkannya pada kedua cucu perempuannya.

Bayangkan kekacauan yang ditimbulkan oleh Tiga Babi Kecil yang kini menjelma menjadi sherrif kota, atau Prince Charming yang menjabat sebagai walikota (setelah sebelumnya berhasil menikahi Cinderella, Puteri Salju dan tokoh-tokoh puteri cantik lainnya!). Seru dan kocak, apalagi setelah kemunculan raksasa yang menggemparkan kota, sehingga Sabrina dan Daphne harus mencari pahlawan yang bisa membantu mereka mengusut kejadian aneh itu sekaligus menyelamatkan Nenek Relda yang tiba-tiba ikut menghilang.

Buku ini adalah seri pertama dari The Sisters Grimm, yang kini sudah terbit (versi bahasa Inggrisnya) sampai buku kesembilan. Sayangnya, tidak ada tanda-tanda dari Mizan atau penerbit lain untuk meneruskan terjemahan serial ini. Padahal ceritanya yang dibumbui misteri, humor sekaligus fantasi benar-benar ramuan tepat untuk bacaan yang mengasyikkan. Hmm…alamat harus membeli versi Inggrisnya nih!